10/08/2017

Alur Kerja Radar Depok

Alur kerja kegiatan jurnalistik sampai dengan proses pencetakan 

Sebelum melakukan peliputan serta melakukan pencarian berita kegiatan di Harian Pagi Radar Depok di awali dengan melakukan kegiatan:

1. Rapat perencanaan ( News planning ) rapat Perencanaan berita dalam tahap ini redaksi melakukan rapat proyeksi, yakni perencanaan tentang informasi yang akan di sajikan dalam rapat.inilah di tentukan jenis dan tema-tema tulisan/berita yang akan dibuat dan dimuat. Rapat ini bertujuan untuk menginventarisir berita serta isu-isu apa saja yang sedang hangat di bicarakan untuk dijadikan berita. Rapat ini di ikuti redaktur pelaksana kordinator liputan dan redaktur. Dalam rapat ini lah juga akan dibagi pembagian tugas kepada para wartawan untuk selanjutnya melakukan proses pencarian berita.

2. Pengumpulan bahan berita  (News hunting) setelah  rapat proyeksi dan pembagian tugas, para wartawan melakukan pengumpulan bahan berita berupa fakta dan data melalui peliputan penelusuran referensi atau pengumpulan data melalui leteratur dan wawancara. Setelah berita di dapat dari reporter di lapangan berita kemudian di teruskan dalam tahapan selanjutnya.

3. Pengetikan dan penulisan berita (News writing )pengetikan dan penulisan berita di laksanakan setelah mendapatkan laporan berita dari reporter di lapangan. khusus untuk di Harian Pagi Radar Depok bagi wartawan yang berada di lokasi yang jauh dapat mengirimkan berita dengan media internet melalui internet  e-mail file transfer protocol.

4. Penyuntingan Naskah (News editing)  setelah berita di terima oleh redaktur dari reporter di lapangan berita/naskah yang telah di tulis tadi harus di sunting dan di editing dari segi redaksional(bahasa) dan isi ( substansi ). Dalam tahap ini juga di lakukan perbaikan kalimat, kata, sistematika penulisan dan substansi naskah, termaksud dalam pembuatan judul yang menarik dan layak jual serta penyesuaian naskah dengan space atau kolom yang tersedia.

5. Proses produksi untuk di  lay out di Harian Pagi Radar Depok  sebelum melakukan proses produksi untuk selanjutnya melakukan proses pencetakan biasanya selalu melakukan rapat. Rapat ini di lakukan guna membahas masalah keredaksian dan usaha di antaranya penentuan berita headline utama dan halaman evaluasi hasil produksi  secara umum  dan penempatan tata letak iklan. Harian Pagi Radar Depok sering melakukan rapat perencanaan malam, namun sifat rapat ini sangat tentatif  melihat situasi dan kondisi apakah rapat ini perlu di lakukan atau tidak. Serta sifat rapat ini mengacu pada situasi yang sifatnya unpredictable moment (sesuatu kejadian yang sifatnya tidak terduga) misalnya ada kejadian alam, kebakaran dll. dalam hal seperti ini sangat mungkin melakukan rapat perencanaan malam guna menampilkan berita berita tersebut sebagai headline.

6. Tahapan pencetakan, setelah tahapan tahapan tersebut telah selesai di lakukan barulah hasil lay out tersebut dikirim kebagian suvervisi (divisi percetakan) kemudian tahapan selanjutnya yaitu proses pencetakan yang meliputi pembuatan film dan flat dan terakhir cetakan kertas berbentuk Koran yang telah jadi.


Struktur Organisasi surat kabar Harian Pagi Radar Depok

Struktur organisasi surat kabar Harian Pagi Radar Depok merupakan tuntutan tanggung jawab yang dibebani oleh masing-masing jabatan, dimana dalam pelaksanaannya di lapangan struktur organisasi ini sangat berguna untuk membantu aktifitas organisasi. Adapun struktur organisasi pada surat kabar Harian Pagi Radar Depok dapat dilihat pada Gambar 1.

Gambar 2.1.  Struktur  Organisasi surat kabar Harian Pagi Radar Depok

Kegiatan organisasi surat kabar Harian Pagi Radar Depok secara keseluruhan di bawahi langsung oleh pimpinan direksi yang di bawahnya terdapat general manajer yang bertugas langsung seluruh karyawan  perusahaan tersebut. General manajer dalam menjalankan tugasnya di bawah oleh pemimpin redaksi, dimana tugas redaksi ini yaitu memonitoring serta mengawasi seluruh aktifitas redaktur pelaksana, redaktur, serta reporter.

Posisi pemimpin redaksi sejajar atau dibantu dengan sekretaris dan staf keuangan.  Bidang iklan dan bidang pemasaran berada pada posisi sejajar dengan redaktur bertugas untuk menagani seluruh aktifitas pemasaran pada perusahan ini. Repoter dalam tugasnya dibantu dengan staf editor dan lay out dalam membuat berita, dimana tanggung jawab editor yaitu membenahi atau menangani editing dari berita yang sudah dibuat oleh reporter, sedangkan staf lay out bertugas dalam mendesain tampilan berita yang sudah ada untuk diterbitkan pada penerbit.

Susunan Redaksi Surat Kabar Harian Pagi Radar Depok



3 komentar: