9/24/2017

Opini Dalam Koran

Peran Opini Dalam Pers Terutama Surat Kabar.


Opini atau pendapat dalam surat kabar adalah sebuah jalan atau cara tentang bagaimana menyampaikan serta menyebarluaskan ide gagasan, kritik, pujian, bahkan keluhan tentang suatu hal yang penting dan menyangkut masyarakat luas.  Menulis opini berarti sama saja dengan menyebarkan suatu ide ke khalayak umum di surat kabar. Menulis opini juga biasanya bertujuan untuk mempengaruhi atau pun membahas sesuatu yang siap untuk diperdebatkan oleh masyarakat luas atau khalayak umum. Jadi pada dasarnya peran opini dalam surat kabar berfungsi sebagai menyebarkan ilmu dan informasi kepada khalayak umum yang siap dipertanggung jawabkan nantinya.
Menulis opini termasuk ke dalam suatu hiburan, di samping mengisi waktu luang dan berbagi ilmu menulis opini itu ibaratkan rekreasi intelektual kepada sesama. Peran opini sendiri memegang peran penting dalam dunia pers terutama surat kabar. Hampir seluruh surat kabar atau koran di Indonesia pasti memiliki ruang atau kolom tersendiri yang disediakan khusus untuk opini atau pendapat. Dimana masyarakat  bisa menumpahkan hal yang ingin dibagikan kepada khalayak. Berikut adalah koran – koran yang memiliki kolom atau ruang untuk opini seperti Jawa Pos, Tempo dll. Opini juga bermacam – macam biasanya berupa hal tentang pemerintahan, politik, sosial masyarakat, ekonomi, kebudayaan, dan agama baik keluhan atau pun pujian.
Walaupun opini adalah pendapat umum masyarakat tentang suatu masalah. Opini yang berhasil dimuat di sebuah surat kabar bukan sekedar pendapat umum biasa. Karena seperti yang sudah dijelaskan di atas opini bisa menjadi hal yang diperdebatkan nantinya. Jadi opini yang berhasil dimuat adalah opini yang ditulis berdasarkan fakta, serta harus bisa dipertanggung jawabkan nantinya oleh si penulis sendiri. Biasanya opini disajikan menggunakan bahasa popular, maka dari itu opini menulis harus berdasarkan riset, fakta, dan latar belakang masalah yang ada. Tidak bisa jika menulis opini sembarangan tanpa ada riset, fakta, dan latar belakang.
Berikut adalah uraian tentang opini. Opini biasanya berupa penulisan tentang bidang tertentu dan dituliskan oleh seseorang yang juga ahli pada bidang tertentu atau minimal paham dan mengerti walaupun bukan ahlinya, jadi menulis berdasarkan fakta yang ada. Opini juga berisi tentang ide, gagasan, dan informasi yang bisa menambah wawasan pembacanya. Selain opini berisi tentang bidang tertentu dan penulis yang memang ahli dalam bidangnya, opini juga akan berisi tentang argumentasi gagasan tentang suatu hal yang dibahas tentunya oleh ahli atau minimal paham dan mengerti walaupun bukan ahlinya. dalam hal tersebut. Opini juga tidak harus bersifat menggurui hanya cukup mengkaji suatu hal dengan bahasa sehari – hari pada umumnya. Jadi begitulah peran opini dalam surat kabar memegang peran yang penting sebagai media dan tempat untuk berbagi informasi dan wawasan kepada ke sesama. 

1 komentar: