9/23/2017

Revitalisasi Pasar Cibinong

PENGARUH REVITALISASI PASAR CIBINONG



Pasar tradisional kini semakin terhimpit keadaaanya semenjak bermunculan pusat perbelanjaan modern. Terhimpit bukan berarti mati, selalu ada usaha untuk mempertahankan pasar tradisional yang identik dengan kemanusiaan bukan angka. Salah satunya adalah pasar Cibinong yang berada di kabupaten Bogor. Pasar tradisional ini terletak tepatnya di Jl. Raya Mayor Oking No 3 Cibinong, Bogor, Jawa Barat. Pasar tradisional Cibinong adalah pasar yang sudah mengalami revitalisasi pasar Cibinong oleh pihak swasta sejak 3 tahun yang lalu. Pasar yang dulu identik dikenal kumuh, semerawut, dan becek ini kini telah terhapus.

Sebelum matahari terbit kehidupan pasar tradisional ini mulai terbangun sejak pukul 02.00. Pada saat itu riuh suara bergema dari sebuah lahan usaha. Para pedagang bersiap untuk menggelar dagangannya serta menyambut para pembeli dengan senyumannya ramahnya, namun ramahnya senyuman para penjual terhadap pembeli tidak seramah senyumannya terhadap kondisi pasar Cibinong sendiri setelah revitalisasi.

Botak, seorang pedagang tua mengaku telah berjualan di Pasar Cibinong selama kurang lebih 29 tahun. Semangat menjajakan dagangan nya di Pasar Cibinong membuatnya telah merasakan pahit dan manisnya kehidupan Pasar Cibinong sebelum dan sesudah revitalisasi pasar Cibinong. Ramai dan sepi pembeli sudah dia rasakan tahun demi tahun.

Botak mengaku, bahwa sebenarnya dia lebih nyaman dengan fasilitas sekarang, namun tidak nyaman dengan kurangnya jumlah pengujung dan pembeli yang berdampak pada pemasukannya. “Setelah ada renovasi pengunjung atau pembeli berkurang karena akses masuk pasar yang sulit di bandingkan dulu.”. pernyataan dari seorang pedagang tua. Kelebihan dan kekurangan merwarnai hiruk pikuk pasar, baginya selain ada kekurangan ada pula kelebihan setelah revitalisasi pasar Cibinong.

Pria tersebut mengungkapkan kelebihan dari renovasi tersebut sebagai pelengkap perkembangan revitalisasi pasar Cibinong di tengah – tengah himpitan pasar modern. Baginya fasilitas menjadi hadiah utama dalam perkembangan revitalisasi pasar Cibinong. “Fasilitas menjadi lengkap setelah di rubah dengan adanya wc umum, mushola dan keamanan yang terjamin.” Fasilitas menjadi hadiah yang diinginkan oleh banyak pedagang di Pasar Cibinong, namun hal tersebut tidak sebanding dengan jumlah pengunjung dan pembeli yang datang.

Selain pedagang yang merasakan langsung dampak dari revitalisasi pasar Cibinong tersebut. Tidak luput juga pembeli yang juga merasakan dampaknya. Adi salah seorang pengunjung yang sering berbelanja di Pasar Cibinong mengungkapkan, “Lebih nyaman sekarang hanya kurang kebersihannya, masih banyak sampah yang bertebaran sekitar wilayah pasar.”. Begitu juga Dendy selaku warga sekitar yang sering berbelanja di Pasar Cibinong, “Sudah nyaman kondisinya sekarang, tapi akses masuk dan keluarnya rumit tidak semudah dulu.”.

Pada dasarnya tidak semua perubahan atau revitalisasi pasar Cibinong manjanjikan sesuatu yang baik ke depannya. Seharusnya semua pihak bijak dalam menghadapi perubahan itu sendiri baik secara langsung langsung maupun tidak langsung. Semua pihak dituntut untuk menerima serta menyesuaikan perubahan yang telah terjadi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar